Pemerintah Provinsi Riau Berhasil Hemat Listrik Hingga Puluhan Juta Per Bulan

Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Sejak Drs Syamsuar MSi dilantik sebagai Gubernur Riau dan Edy Nasution sebagai Wakil Gubernur Riau, 20 Februari 2019 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberlakukan penghematan penggunaan listrik.

Penghematan penggunaan listrik ini merupakan salah satu upaya Syamsuar dalam melakukan efisiensi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berhasil menekan penggunaan listrik dan hemat hingga puluhan juta per bulannya.

Edy Nasution mengungkapkan kepada GoRiau.com, ada empat OPD yang berhasil melakukan penghematan listrik. Keempat OPD ini Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR)/Dinas Perumahaan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Dinas Pendidikan, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Baca Juga:   Kapolda Riau Copot Kapolsek Teluk Meranti Karena Lalai Tangani Karhutla

“Keempat OPD ini yang paling signifikan melakukan penghematan listrik. Penghematan listrik yang dilakukan pasca saya dan Pak Syamsuar dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Edy Nasution, Rabu (17/7/2019).

Edy mengatakan, berdasarkan data bulan Maret hingga Juni, Setdaprov berhasil menghemat biaya listrik sebesar Rp159.544.476. Artinya rata-rata penghematan yang ada dilingkup Setdaprov sebesar Rp39 886.119.

Sedangkan Dinas PUPR/Perkimtan dalam rentang waktu empat bulan berhasil melakukan penghematan biaya listrik sebesar Rp11.921.745. Dimana per bulannya jika dirata-ratakan, Dinas PUPR/Perkimtan melakukan penghematan listrik sebesar Rp2.980.436.

Baca Juga:   Anak di Kepulauan Meranti Menderita Jantung Bocor Butuh Uluran Tangan Untuk Pengobatan

Sementara Dinas Pendidikan, selama empat bulan menghemat biaya listrik sebesar Rp3.914.066, rata-rata sebulan menghemat biaya sebesar Rp978.516. Untuk Kesbangpol berhasil menghemat biaya listrik selama empat bulan sebesar Rp581.043, rata-rata dalam sebulan Rp145.260.

“Memang ada beberapa OPD yang belum bisa melakukan penghematan listrik. Karena OPD tersebut melakukan pelayanan publik seperti Bapenda, RSUD, dan Dinas Pendidikan,” ungkap Edy Nasution.

Dengan adanya surat edaran Gubernur Riau, sambung Edy Nasution, sejumlah OPD sudah berhasil melakukan penghematan listrik. Dampaknya, pembayaran listrik pun ada yang menurun grafiknya ada juga yang datar. Bahkan ada sejumlah OPD yang penghematan listriknya naik turun.

Baca Juga:   Walikota Pekanbaru Harap Satgas Cegah Kebakaran Hutan Lahan Karena Kota Pekanbaru Diselimuti Asap Kiriman

“Ini merupakan langkah awal yang sudah terlihat keberhasilannya selama empat bulan dari Maret hingga Juni. Saya dan Pak Syamsuar berharap, penghematan penggunaan listrik bisa semakin hemat. Pergunaakan listrik seperlunya dan kalau tidak digunakan ya dimatikan,” jelas Edy Nasution.

 

Sumber : www.goriau.com



Be Smart, Read More