Banyak Perusahaan yang Tidak Komit Terhadap Karhutla, Sekdako Dumai: Kita Akan Evaluasi

Bagikan :

BERITA RIAU, DUMAI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Herdi Salioso mengatakan bencana karlahut bukan hanya tanggungjawab pemerintah, TNI, Polri saja melainkan semua pihak stakeholder, perusahaan dan masyarakat.

Menurut Herdi, tanggungjawab perusahaan terhadap karhutla ini bukan hanya di wilayah perusahaan atau 5 kilometer sekitar perusahaan saja, namun dimana kecamatan tempat mereka berdiri juga tanggungjawab bersama.

Hal ini sesuai dengan imbauan Wali Kota Dumai, setiap perusahaan yang ada di Dumai harus memiliki tim khusus dan peralatan pemadaman kebakaran dan siap dilibatkan untuk membantu proses pemadaman kebakaran.

Baca Juga:   Fadli Zon Akan Laporkan Balik Farhat Abbas karena Telah Mencemaran Nama Baik Seseorang

“Sampai saat ini masih ada perusahaan yang masih belum komit dalam pencegahan karhutla sesuai dengan imbauan akan melakukan evaluasi pada perusahaan yang belum komit dengan himbauan yang ada,”kata Herdi.

Terpisah Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira mengatakan, dua pekan belakangan tidak ada kebakaran di Kota Dumai dan tidak ada penanganan tambahan terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Sebab menurut dia, di Dumai sudah guyur hujan selama beberapa hari belakangan ini.

“Saat ini Dumai nihil bebas titik api dan hotspot sesuai dasbor Lancang Kuning yang disediakan oleh Polda Riau dan dengan teknologi yang ada kita dapat dengan mudah dalam melakukan pemantauan katlahut,” kata Kapolres.

Baca Juga:   Seorang Petani di Inhil Tewas Setelah Ditusuk-tusuk OTK di Pesta Pernikahan

Kapolres juga mengatakan, saat ini masih ada perusahaan belum komit memberikan data, baik petugas khusus maupun peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

“Kita minta perusahaan komitmen dalam mengatasi permasalahan hutan dan lahan dengan mempersiapkan tim khusus dan penediaan peralatan,”ucap Kapolres.

Sumber : riaulink.com



Be Smart, Read More