Viral, Dua Makam Kuno Ditemukan di Seberang Makam Raja Kecik oleh Youtuber Siak

Bagikan :

BERITA RIAU, SIAK – Pemilik Akun Youtube @Kelana Chanel bersama timnya berhasil menemukan makam kuno bersejarah yang disinyalir berusia 300 tahun silam. Penemuan direkam dan di posting ke Youtube berdurasi 6:36 menit dan ditonton 1.266 kali.

Youtuber asal Siak yang disapa Raden Kelana itu mengaku menemukan makam bersama salah seorang warga Kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak, Tri Riki Setiawan yang bekerja sebagai Juru Kunci Makam Raja Kecik.

“Lokasi makam kuno itu tepat di seberang sungai berhadapan dengan makam Raja Kecik. Masuk wilayah Kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura itu,” Kata Raden Kelana, Sabtu (1/2/2020).

Sebelumnya, Raden Kelana bersama timnya sudah pernah mencoba menelusuri keberadaan peninggalan sejarah di sekitaran makam Raja Kecik itu. Penelusuran sampai ke Kampung Koto Ringin dengan menyeberangi Sungai Jantan menggunakan Pompong, namun tidak membuahkan hasil. Pada Senin (27/1) minggu lalu, ia bersama timnya kembali menyeberangi sungai untuk melakukan penelusuran hingga menemukan makam kuno tersebut.

Baca Juga:   Polda Kepri Tangkap Kurir 1 Kg Sabu Jaringan Internasional

“Penelusuran sebelumnya lokasi sekitar makam masih hutan dan semak. Kami kaget ketika ke sana lagi lokasi sudah bersih digarap. Informasinya lahan itu mau dijadikan kebun sawit oleh pemiliknya. Kami tidak tahu apa pemilik lahan menyadari keberadaan makam atau tidak,” Ujarnya.

Makam kuno itu ditemukan berjarak 50 meter dari tepian sungai. Kondisi makam saat ditemukan rata dengan tanah, hanya menampakkan batu nisan yang dibalut tanah kering.

Tri mengatakan, menurut Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar, makam tersebut diperkirakan sudah ada sejak zaman sebelum Kesultanan Siak berdiri.

Baca Juga:   Gubernur Riau Dijadwalkan Buka Festival Gasing Internasional II di Kabupaten Siak

“Kebetulan saya tergabung dalam Grup WA BPCB Sumbar, kemudian saya tanya ke mereka tentang penemuan nisan makam kuno itu. Mereka bilang dari bentuk nisan yang ditemukan disinyalir adalah makam seorang Bangsawan atau Raja, perkiraan sudah ada di abad 17an. Dari Coraknya, satu makam Bangsawan satunya lagi makam Panglima, karena bentuk bunga Padma di pucuk nisannya berbeda jumlah daunnya,” Terang Tri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak, Lukman melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Endi Mirzal membenarkan adanya penemuan makam kuno tersebut. Pihaknya juga sudah meninjau lokasi makam bersama tim youtuber Raden Kelana dan Tri Juru Kunci makam Raja Kecik.

Baca Juga:   Heboh Penampakan Dua Anak Harimau di Kampar, ini Penjelasan BKSDA Riau

“Sempat kemaren Viral di Facebook, ada yang posting temuan makam kuno di Siak. Kami tanggapi dan Selasa (28/1) kemaren kami turun ke lokasi bersama,” Kata Endi.

Saat ini, lanjutnya, temuan itu sudah dilaporkan ke Kepala Dinas Kebudayaan untuk langkah penetapan makam tersebut sebagai situs peninggalan sejarah yang ada di Siak.

“Kita serius tanggapi temuan seperti ini, karena bisa menambah situs peninggalan sejarah yang ada di Siak. Cuma untuk updatenya kita butuh proses, saat ini baru kita meninjau lokasi, mencari data-data, ke depan kalau dibutuhkan kita bentuk kajiannya tentang makam kuno itu,” Pungkasnya.

Sumber : riaulink.com



Be Smart, Read More