Waspada Corona, Berikut Himbauan Bupati Inhil HM Wardan

Bagikan :

BERITA RIAU, INHIL – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan mengeluarkan himbauan kepada seluuh masyaralat Kabupaten Indragiri Hilir terkait kewaspadaan terhadap penularan virus Covid-19.

“Seperti yang sudah kita ketahui bersama badan kesehatan dunia WHO telah mengumumkan bahwa penyakit covid-19 telah menjadi wabah pandemi global yang menghambat dan pernyataan presiden Republik Indonesia tentang penyebaran covid-19 sebagai bencana nasional atau bencana non alam,” sebut Bupati Wardan dalam siaran pers, Senin (16/03/2020).

Hal tersebut senada dengan hadist yang di keluarkan oleh Bukhari yang mana bunyinya menyebutkan bahwa “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah Maka jangan kalian memasukinya tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada Maka jangan tinggalkan tempat itu HR Bukhari”, sebut Wardan.

Baca Juga:   Kasus Rampok Bersenpi di Kuansing Riau, Korban Sudah Bisa Dimintai Keterangan

Lanjut Bupati, Dalam menghadapi musibah, Allah SWT pun sudah megingatkan kita dalam Al-qur’an dalam surah Albaqarah ayat 45 yang mana artinya berbunyi “jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sungguh demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu”.

Berikut himbauan Bupati kepada Seluruh Masyarakat Indragiri Hilir :

1. Tetap tenang, tidak panik Namun harus tetap meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terhadap wabah ini, mengutamakan upaya pencegahan demi keselamatan bersama.

2. Mengurangi aktifitas ditempat keramaian, kegiatan massal dan kerumunan massa Dan berusaha untuk setiap acara apapun, sebelum dan sesudahnya agar mencuci tangan.

Baca Juga:   Pengedar Narkoba Ini Tertunduk Lemas Karena Dituntut Hukuman Mati

3. Sementara waktu, hindari berjabat tangan atau berpelukan, gunakanlah metode lain untuk saling sapa tanpa harus bersentuhan.

4. Tidak melakukan kunjungan perjalanan keluar negeri atau daerah yang terjangkit covid-19.

5. Segera memeriksakan diri kerumah sakit terdekat apabila merasa gejala awal covid-19 seperti demam, batuk, pilek dan sesak nafas.

6. Terhitung mulai tanggal 17 sampai dengan 31 maret 2020, seluruh kegiatan belajar mengajar dari semua jenjang pendidikan dialihkan menjadi kegiatan penugasan didalam rumah masing-masing, dan tetap selalu berada didalam rumah.

7. Meningkatkan iman dan takwa serta selalu berharap dan berdo’a agar Allah SWT selalu menjaga kita, keluarga dan negeri tercinta indragiri Hilir.

Baca Juga:   29 Hotspot Terpantau di Kabupaten Indragiri Hilir, Titik terbanyak di Tempuling, Enok dan GAS

Selanjutnya, Bupati Indragiri Hilir HM. Wardan juga berpesan kepada seluruh pengurus mesjid, mushalla dan majelis taklim untuk dapat mengingatkan akan bahaya wabah covid-19 kepada para jamaah pada setiap kegiatan.

“Terutama dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan hari-hari besar Islam. Serta meningkatkan kebersihan rumah ibadah dan mempersiapkan sabun/alat pembersih tangan pada tempat-tempat tertentu,” sebutnya.

Sumber : riaulink.com



Be Smart, Read More