Pasien Positif Corona Pertama di Riau Menuju Kesembuhan, Berikut Penjelasan Dokter

Pasien Positif Corona Pertama di Riau Menuju Kesembuhan, Berikut Penjelasan Dokter
Para medis di RSUD Arifin Achmad menjalankan protokol dalam penanganan Pasien Suspect Virus Corona menggunakan APD Dok.Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Ada kabar gembira di Riau, pasien pertama positif yang dirawat di RSUD Arifin Achmad menunjukkan perkembangan positif.

Kondisi kesehatannya membaik bahkan sudah menuju kesembuhan.

Demikian dikatakan ketua tenaga medis penanganan Covid-19 di Riau dr Indra Yovi, menurutnya dari hasil swab terakhir hasilnya sudah negatif.

Artinya ada perkembangan ke arah yang lebih baik. Kondisi pasien juga membaik dari sebelumnya.

“Kondisinya baik, tinggal menunggu hasil swab 1 kali lagi, bila hasil kedua negatif baru bisa dinyatakan sembuh,”ujar Indra Yovi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya pasien positif pertama ini dinyatakan setelah hasil swab yang dikeluarkan Labkes Kementerian Kesehatan.

“Mudah-mudahan semuanya membaik dan kita berharap doa semua masyarakat Riau,” ujar Indra Yovi.

Kasus pasien positif pertama di Riau disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19), Achmad Yurianto pada Rabu (18/3/2020) lalu.

Menyikapi pernyataan jubir pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto yang mengungkap ada satu warga Riau positif corona, Pemprov Riau langsung menggelar press komprence, Rabu (18/3/2020).

Kepala Dinas Kesehahatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir yang memimpin langsung komperensi pers yang berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

“Kami sudah mendapatkan informasi tersebut, bahwa benar di Riau ada satu orang yang positif corona virus.

Saat ini pasien dirawat di RSUD Arifin Ahmad,” kata Mimi saat itu.

Keadaan pasien positif corona yang dirawat di RSUD Arifin Ahmad terpantau dalam kondisi normal. Laki-laki 63 tahun ini kesehatanya baik-baik saja.

Bahkan ia tidak demam, hanya batuk dan sedikit sesak nafas saja. Begitu juga dengan nafsu makanya juga bagus.

“Kondisinya baik-baik saja, sehat, tidak demam, cuma batuk, selera makannya juga bagus,” kata dr Indra Yopi ketua tim penanganan Covid-19 RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com, Kamis (19/3/2020).

Pasien positif corona di Riau memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia sebelum mengeluh sakit.

Kemudian di rawat di salah satu rumah sakit di Pekanbaru lalu dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad, 13 Maret lalu.

“Iya, pasien ini ada riwayat bepergian ke Malaysia sebelumnya, kurang lebih dua minggu yang lalu. Kemudian pasien ini mengeluh, dan tanggal 13 Maret pasien datang ke rumah sakit, dan pasien itu dinyatakan pasien dalam pengawasan atau pasien yang dicurigai. Ternyata kecurigaan kita itu betul, hasil pemeriksaan terhadap sampel pasien ini dinyatakan positif covid 19,” kata dr Indra memaparkan kronologis pasien positif corona di Riau berikut riwayat perjalanannya sebelum dinyatakan positif covid-19.

 

Baca Juga:   KPK Periksa Kiai Asep Saifuddin Jadi Saksi Kasus Jual Beli Jabatan Kemenag

Sumber: Tribunnewspekanbaru.com

 



Be Smart, Read More