Cegah Virus Corona Lebih dari 59 Ton Disinfektan Disemprot di Jalanan Kota Pekanbaru

Cegah Virus Corona Lebih dari 59 Ton Disinfektan Disemprot di Jalanan Kota Pekanbaru
Petugas menggunakan kendaraan menyemprot cairan disinfektan di jalanan Kota Pekanbaru, Selasa (31/3/2020). (TRIBUN PEKANBARU / RIZKY ARMANDA)
Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, disemprot dengan cairan disinfektan, Selasa (31/3/2020).

Penyemprotan massal dilakukan dengan mengerahkan puluhan kendaraan, baik mobil watercanon milik kepolisian dan mobil pemadam kebakaran.

Selain itu, penyemprotan juga dibantu dengan beberapa unit kendaraan lainnya, dengan membawa mesin dan tangki air yang dilakukan secara manual.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk cara mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19.

Pemerintah Provinsi Riau bersama TNI dan Polri, beserta stake holder lainnya, akhirnya memutuskan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara masif.

Persiapan kegiatan dilakukan di kawasan Tugu Zapin, dan Kantor Gubernur Riau di Jalan Jenderal Sudirman.

Penyemprotan yang dilakukan di sepanjang jalan, juga menyasar trotoar, jembatan penyeberangan orang dan halte di sepanjang rute yang dilalui.

Penyemprotan disinfektan, dibagi menjadi 4 zona. Yaitu Zona A (Utara), Zona B (Selatan), Zona C (Barat) dan Zona D (Timur).

Zona A: Dimulai dari Tugu Zapin – Jalan Jenderal Sudirman – Jembatan Siak IV – Jalan Sembilang – Jalan Paus – Jalan Yos Sudarso dan berakhir di Kampus Universitas Lancang Kuning. Total 9 KM.

Rangkaian kedua pada zona A yaitu Tugu Zapin – Jalan Jenderal Sudirman – Jembatan Siak IV – Jalan Sembilang – Jalan Khayangan – Jalan Yos Sudarso – berakhir di RSDC. Total 8.7 KM.

Kemudian, Zona B rangkaian pertama dimulai dari Tugu Zapin – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Arifin Akhmad – Jalan Soekarno Hatta – berakhir di Pasar Pagi Arengka. Total 9.9 KM.

Rangkaian kedua di Zona B yaitu Tugu Zapin – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Kaharudin Nasution – dan berakhir di kampus UIR. Total 8.18 KM.

Selanjutnya Zona C rangkaian pertama bermula dari Tugu Zapin – Jalan Jenderal Sudirman – Tugu Songket – Jalan SM Amin – Jalan HR Subrantas – terkahir di Kampus UIN. Total 14 KM.

Pada rangkaian kedua, Tugu Zapin – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Tuanku Tambusai – Jalan Soekarno Hatta – Jalan Riau – Polsek Payung Sekaki. Total 10 KM.

Lalu Zona D diawali dari Tugu Zapin – Jalan Gajah Mada – Jalan Diponegoro – Jalan Hangtuah – Plaza Ternak. Total 9 KM.

Rangkaian kedua dimulai dari Tugu Zapin – Jalan Gajah Mada – Jalan Diponegoro – Jalan Ronggo Warsito – Jalan Mulyarejo – Jalan Samarinda – Jalan Imam Munandar. Total 10 KM.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, kegiatan penyemprotan ini melibatkan 3.802 personel gabungan TNI, Polri dan instansi lainnya, yang menyemprotkan sekitar 59,7 ton cairan disinfektan.

“Terima kasih hari ini semua elemen masyarakat bergotong royong turun ke jalan, kampung, kantor, tempat ibadah dan sarana umum lain yang dipimpin Gubernur Riau selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan covid-19,” ungkap Agung.

Selain ruas jalan dan area publik, penyemprotan juga dilakukan ke pemukiman padat penduduk dengan menggunakan alat penyemprot manual.

“Kampung-kampung yang padat penduduk juga dilakukan penyemprotan. Usaha memutus penularan covid19 telah dilakukan Polri bersama stake holder yang lain,” tuturnya.

 

Baca Juga:   Mulai Berlaku Hari Ini Permenhub 108 Soal Aturan Angkutan Online

Sumber : Tribunnewspekanbaru.com



Be Smart, Read More