Jokowi : Kementerian dan Pemerintah Daerah Pangkas Anggaran Belanja untuk Tangani Corona

Jokowi : Kementerian dan Pemerintah Daerah Pangkas Anggaran Belanja untuk Tangani Corona
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Bagikan :

BERITA RIAU, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh kementerian hingga pemerintah daerah menyisir kembali seluruh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Jokowi imbau agar anggaran tersebut dialokasikan untuk penanganan Corona Covid-19.

“Saya ingin menekankan sekali lagi agar seluruh kementerian, seluruh lembaga, dan seluruh pemerintah daerah meyisir ulang kembali APBD dan APBDnya,” jelas Jokowi saat membuka Sidang kabinet paripurna, mengenai refokusing dan anggaran di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020).

Dia meminta untuk seluruh kementerian dan pemerintah daerah untuk pangkas belanja yang tidak prioritas. Mulai dari perjalanan dinas, hingga rapat.

“Perjalanan dinas, rapat-rapat, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat,” jelas Jokowi.

Baca Juga:   MU Tumbang Dengan Sang Rival, Mourinho Tak Mau Bicara Soal Juara

Dia pun meminta agar seluruh anggaran dan kekuatan difokuskan untuk penanganan Covid-19. Baik itu, kata Jokowi di bidang kesehatan maupun penanganan dampak sosial ekonominya.

“Sudah berkali-kali saya sampaikan, jangan sampai lari dari tiga prioritas yang saya sampaikan. Kesehatan yaitu covid-19. Yang kedua jaring pengaman sosial. Yang ketiga stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha,” tegas Jokowi.

 

 

Sumber: Liputan6.com



Be Smart, Read More