Pagi Ini Terpantau 130 Hotspot di Riau, Walau Ada Sedikit Muncul Asap

Pagi Ini Terpantau 130 Hotspot di Riau, Walau Ada Sedikit Muncul Asap
FOTO ILUSTRASI: Pemadaman kebakaran hutan Dok.internet
Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Rabu (22/5/2020) pagi udara di Pekanbaru dan sebagian wilayah Riau terlihat sedikit diselimuti asap, bau asap akibat kebakaran juga mulai terasa di hidung. 

Sesuai dengan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memang terjadi penurunan jarak pandang pada pagi hari diakibatkan partikel basah atau partikel kering di Sebagian wilayah di Provinsi Riau.

Apalagi jumlah titik panas sendiri Rabu pagi cukup banyak, terpantau 130 titik yang tersebar di Bengkalis 49 titik,  Meranti 38, Pelalawan 15, Rokan Hilir 1, Siak 8 dan Indragiri Hilir 17 serta Indragiri Hulu 2.

Sedangkan di Provinsi lain di pulau Sumatera juga terpantau banyak hotspot seperti misalnya di Kepri mencapai 95 titik, Sumut dan Sumsel sama-sama 12 titik, Jambi 8 titik, Bengkulu 5 titik, NAD 2 titik dan Lampung 1 titik.

Sedangkan kondisi cuaca sendiri pada pagi hari cerah berawan hingga berawan, terjadi penurunan jarak pandang, siang hingga sore harinya cerah berawan hingga berawan.

Pada malam hari cerah berawan hingga berawan dengan potensi Hujan Ringan Hingga Sedang yang dapat disertai petir bersifat tidak merata terjadi di Sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Suhu udara sendiri pada kisaran 23.0 hingga 34.0 °C dengan kelembapan udara pada 50 hingga 97 %, Angin berhembus dari arah Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05 hingga 36 km/jam.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah saat dikonfirmasi mengatakan untuk pagi ini masih terpantau kekaburan udara/ haze, namun ada beberapa lokasi yang muncul asap.

“Memang ada beberapa lokasi yang asap, tapi mugkin sebarannya belum meluas di wilayah tersebut dan belum sampai mengganggu jarak pandang,”ujar Yudhistira Mawaddah.

 

Baca Juga:   Titik Api Kembali Terdeteksi di Riau

Summber : Tribunnewspekanbaru.com



Be Smart, Read More