2000 Orang Padati GOR Untuk Melaksanakan Vaksinasi Massal di Pekanbaru

Ribuan orang memadati Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) untuk melaksanakan Vaksinasi Massal di Pekanbaru, Senin (1/3/2021).
Bagikan :

BERITA RIAU-Portal Berita Riau: Pekanbaru, Senin (1/3/2021), 2000 orang padati GOR untuk melaksanakan vaksinasi massal di Pekanbaru. Ribuan orang memadati Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) untuk melaksanakan Vaksinasi Massal di Pekanbaru.

Para penerima vaksin Covid-19 ini berasal dari berbagai instasi dan organisasi yang ada di Provinsi Riau.

Mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, tenaga pendidik, pedagang pasar, pejabat negara, petugas keamanan, petugas keamanan, atlet hingga wartawan.

Para penerima vaksin sudah mengantri untuk melakukan pendaftaran sejak pagi.

Setelah melakukan pendaftaran, satu per satu mereka dilakukan pengecekan kesehatan.

Setelah dinyatakan sehat dan tensi darahnya tidak tinggi, para penerima vaksin masuk kedalam GOR.

Ribuan orang memadati Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) untuk melaksanakan Vaksinasi Massal di Pekanbaru, Senin (1/3/2021). (Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono)

Petugas medis sudah bersiap dimeja-meja yang ada disekeliling lapangan.

Satu per satu para penerima vaksin ini pun langsung dilakukan penyuntikan.

Baca Juga:   3 Kamera Trap Dipasang untuk Pantau Pergerakan Harimau di Desa Koto Tuo Kampar, Mendapat Titik Terang?

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (1/3/2021) mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi massal hari ini adalah pelaksanaan vaksin tahap ke II untuk petugas publik.

Sedangkan untuk tahap pertama adalah untuk tenaga kesehatan,.

“Jumlah sasaran vaksin yang ikut dalam program vaksinasi massal tahap kedua ini jumlahnya sekitar 2000 orang yang sudah terdaftar melalui data yang telah kita kirimkan,” kata Mimi.

Mimi mengungkapkan, Vaksinasi Massal di Pekanbaru tahap dua ini dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama mulai pukul 08.00-09.00 WIB dengan peserta dari instansi BPK, BPKP, Polda, Korem 031 Wirabima, Kejati dan Wartawan.

Kemudian sesi kedua dilaksanakan mulai pukul 11.00 -12.30 WIB, dan sesi ketiga mulai pukul 13.00 – 14.30 WIB sesuai kelompok instansi yang telah terdaftar sebelumnya.

Baca Juga:   Jokowi Akan Perbaiki Sekolah ke Anak-Anak Korban Banjir Sentani
Ribuan orang memadati Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) untuk melaksanakan Vaksinasi Massal di Pekanbaru, Senin (1/3/2021). (Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono)

Vaksinasi tahap dua ini akan melibatkan tenaga dari beberapa rumah sakit daerah maupun swasta yang ada di Pekanbaru seperti, RSUD Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi, RSJ Tampan, RS Bhayangkara, RS Prima, RS Tentara, RS Eka Hospital, Awal Bros dan beberapa rumah sakit lainnya.

Untuk vaksinasi massal tahap dua, peserta vaksinasi sebelumnya sudah mendaftar sesuai data formulir yang diserahkan Diskes Riau terhadap masing-masing instansi dan organisasi.

“Tapi sebelum divaksin harus melalui proses pengecekan kesehatan. Kalau memenuhi syarat akan dilanjutkan penyuntikan vaksinnya, jika tidak akan ditunda sesuai hasil pengecekan,” kata Mimi.

Mimi mengungkapkan, sama dengan vaksinasi pada kelompok pertama, untuk tahap kedua ini para penerima vaksin juga akan melakukan dua kali penyuntikan vaksin.

Baca Juga:   Aksi Kejar-kejaran Di Laut Dan Di Darat, Akhirnya Petugas Meringkus Penyelundup Miras

Dimana untuk penyuntikan tahap kedua akan dilakukan setelah 14 hari.

“Vaksinasi dilakukan dua tahap, penyuntikan tahap pertama dan kedua setelah 14 hari. Alhamdulillah untuk nakes semua berjalan lancar dan aman,” kata Mimi.

Sementara itu, bagi lansia tetap akan dilaksanakan vaksinasi.

Namun data penerima vaksinnya diserahkan ke Kota Pekanbaru sebagai tempat pendaftaran.

Sebab saat ini alokasi vaksin untuk Lansia baru tersedia untuk kota Pekanbaru saja.

Sedangkan kabupaten kota lainya akan masih menunggu kiriman vaksin.

“Untuk lansia belum sekarang masih didata. Yang lansia diserahkan ke Kota Pekanbaru dan akan dilaksanakan vaksinnya di Rumah Sakit. Tetap akan dijalankan proses vaksinasi sesuai aturan bagi lansia,” katanya.

 

Sumber: Tribunpekanbaru.com



Be Smart, Read More