Cara Dan Tips Gadai BPKB Moil Dan Motor Di Pegadaian

Bagikan :

Gadai BPKB motor di Pegadaian terbilang mudah dan cepat. Proses solusi finansial ini memberikan pinjaman tunai dengan cara yang singkat.

Hal ini dikarenakan kamu akan menjaminkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atas kendaraan pribadimu, baik itu BPKB mobil maupun BPKB motor. Banyak orang memilih menggadaikan BPKB motor atau BPKB mobil karena kendaraan tidak akan ditahan.

Setelah proses diurus, maka BPKB asli saja yang ditahan sampai kamu melunasi utang pinjaman, lalu kendaraanmu bisa dibawa pulang setelah selesai ditaksir petugas.

Berikan mobil dan motormu perlindungan dari mahalnya biaya perbaikan dengan asuransi kendaraan. Dengan asuransi tersebut, tidak hanya kendaraanmu yang terlindungi tapi juga tabungan kamu. Cek asuransi kendaraan terbaik di Lifepal.
Sementara terkait prosedur, baik itu gadai motor maupun mobil, tidak jauh berbeda. Mari kita cari tahu bagaimana cara gadai BPKB motor dan mobil di Pegadaian dan tips-tips aman dalam melakukannya.

Sebelum mengetahui caranya, sebaiknya kamu harus tahu dulu persyaratan yang harus siapkan sebelum menggadaikan BPKB kendaraanmu. Berikut ini beberapa syaratnya:

WNI atau Warga Negara Indonesia yang patuh pada Pancasila dan UUD 1995 serta cakap hukum.
Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
Telah atau sedang bekerja minimal 1 tahun.
Mempersiapkan dokumen pelengkap pengajuan, antara lain KK atau Kartu Keluarga, KTP asli, BPKB yang akan digadaikan, dan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.
Usia sepeda motor yang akan digadaikan maksimal 15 tahun.
Usia mobil yang akan digadaikan maksimal 20 tahun.
Cara gadai BPKB mobil dan gadai BPKB motor di Pegadaian

Ada beberapa langkah yang mesti dilakukan sebagai cara mengajukan pinjaman tunai dengan cara gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian berdasarkan informasi dari situs Pegadaian. Simak poin-poin berikut.

Mendatangi kantor Pegadaian terdekat.
Membawa identitas dan dokumen yang dibutuhkan.
Mengisi formulir pengajuan pinjaman.
Menyerahkan formulir pinjaman, BPKB, dan STNK asli kepada petugas Pegadaian bagian penaksir jaminan. Lalu, memperlihatkan kendaraan yang akan dijamin.
Petugas menaksir nilai dari kendaraan kemudian hasil dari taksiran tersebut menjadi plafon pinjaman yang bisa diambil nasabah.
Setelah nasabah setuju dengan plafon tersebut, petugas mengurus proses permohonan pinjaman.
Petugas lalu membuat Surat Bukti Kredit (SBK) selama kurang lebih 15 menit.
Petugas kasir memanggil nasabah dan menjelaskan batas jatuh tempo kredit, serta waktu pelelangan jaminan apabila utang tidak dilunasi dalam batas waktu yang ditentukan.
Nasabah menandatangani SBK dan membayar biaya administrasi kurang lebih 10 persen dari plafon pinjaman. Biaya tersebut bisa dibayar tunai maupun lewat pemotongan plafon pinjaman.
Jika seluruh langkah di atas sudah diselesaikan, kamu tinggal menunggu proses pencairan pinjaman tunai dan langsung pulang.

Baca Juga:   Satpol PP Kepulauan Meranti Lakukan Penertiban Bagi Pengusaha Yang Tidak Mengantongi Izin

Pilihan produk gadai BPKB mobil dan gadai BPKB motor di Pegadaian
Langkah-langkah di atas menjadi bagian dari prosedur pengajuan gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian.

Sebagai bagian dari proses itu, kita perlu menentukan produk keuangan untuk memfasilitasinya. Ada empat produk keuangan yang melayani urusan gadai BPKB mobil atau motor di Pegadaian yang kamu bisa pilih.

Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa keunggulan tiap produk gadai BPKB di Pegadaian. Pasalnya, setiap produk akan berbeda-beda sehingga kita perlu cermat saat menentukan produk yang sesuai kebutuhan pribadi.

Kredit Cepat Aman (KCA)
Rahn
Kreasi
Arrum
Berikut ulasan lengkapnya mengenai produk gadai BPKB mobil dan gadai BPKB motor di Pegadaian.

1. Kredit Cepat Aman (KCA)
Salah satu produk pembiayaan yang melayani gadai BPKB mobil ataupun gadai BPKB motor di Pegadaian adalah Kredit Cepat Aman atau KCA.

Seperti namanya, jenis pinjaman ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, mudah, dan aman.

Kamu bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp50 ribu – Rp500 juta. Dana bisa kamu terima dalam bentuk tunai atau transfer langsung ke rekeningmu.

Pegadaian memberikan jangka waktu pelunasan hingga empat bulan. Namun, jika kamu merasa tidak bisa melunasi, dapat diperpanjang hingga berkali-kali.

Cara dan Tips Gadai BPKB Motor atau Mobil di Pegadaian
Tentu akan ada biaya administrasi yang kamu perlu penuhi terlebih dahulu sebagai bagian dari pengajuan perpanjangan jangka waktu pelunasan.

Persyaratan yang harus kamu penuhi juga sangat mudah, yaitu menyerahkan fotokopi identitas diri, dan membawa BPKB serta STNK asli.

Setelah itu, kamu akan mendapat Surat Bukti Kredit (SBK). Tanpa menunggu lama, dana pun bisa langsung cair.

Baca Juga:   Gadai BPKB di Langsa - Cabang Adira Finance - Jl. A. Yani no. 78, 24415. Langsa, Nangroe Aceh Darussalam

2. Rahn
Buat kamu yang ingin mengajukan pinjaman secara syariah, bisa memilih pembiayaan dari produk Rahn yang hanya tersedia di outlet Pegadaian Syariah.

Selain dapat memberikan pinjaman dalam bentuk gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian, Rahn juga menerima barang jaminan lainnya seperti emas, barang elektronik, dan lainnya.

Untuk jumlah pinjaman serta jangka waktu pelunasannya sama dengan produk pinjaman KCA, yaitu mulai dari Rp50 ribu – Rp500 ribu dengan jangka waktu pelunasan empat bulan dan bisa diperpanjang.

Persyaratannya juga sama, dana akan cair setelah semua dokumen diterima, dan kamu sudah menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR).

3. Kreasi
Produk pembiayaan ini memang dikhususkan untuk pinjaman dengan jaminan surat kendaraan bermotor, yaitu dengan cara gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian melalui layanan Kreasi Pegadaian.

Pasalnya, jenis pinjaman ini ditujukan buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis.

Kreasi Pegadaian memberikan pinjaman dengan sistem yang bernama fidusia. Jadi, kamu hanya perlu membawa KTP, KK, BPKB, STNK, dan faktur pembelian.

Kendaraannya tetap bisa kamu gunakan untuk keperluan usaha. Namun, salah satu syaratnya adalah usaha tersebut sudah berjalan minimal satu tahun.

Kamu bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp1 juta – Rp200 juta dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 tahun. Jadi, kamu bisa memilih tenor yang sesuai dengan kemampuanmu.

Perhatikan bahwa Pegadaian menawarkan pinjaman tunai dari mulai Rp1 juta – Rp200 juta dengan tarif sewa modal yang berbeda-beda seperti berikut ini.

Jumlah pinjaman tunai Tarif sewa modal / bulan
Rp1.000.000 – Rp10.000.000 1,5 persen
Rp10.100.000 – Rp50.000.000 1,25 persen
Lebih dari Rp50.100.000 1,15 persen
4. Arrum
Sama seperti pinjaman Kreasi, Arrum menerapkan sistem prinsip syariah. Jadi, semua proses juga dilakukan sesuai dengan fatwa DSN-MUI.

Cara dan Tips Gadai BPKB Motor atau Mobil di Pegadaian
Nominal yang kamu dapatkan mulai dari Rp1 juta – Rp200 juta dan tenor selama 12, 18, 24, dan 36 bulan dengan syarat usaha yang kamu geluti sudah berjalan minimal satu tahun.

Dokumen persyaratannya juga sama dengan Kreasi, yaitu melampirkan KTP, KK, BPKB, STNK dan juga faktur pembelian.

Baca Juga:   Pinjaman Gadai BPKB Mobil di Pekanbaru Riau

Kendaraan tetap bisa kamu gunakan sebagaimana tujuan dari layanan produk Arrum adalah untuk mendukung pendanaan usaha pribadi.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terhindar dari tagihan bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.
Alasan gadai BPKB di Pegadaian lebih baik
Ada beberapa poin yang menjadi alasan yang tepat bagi kamu untuk lebih baik memilih gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian, yaitu:

1. Proses cepat dan syarat mudah
Salah satu keunggulan gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian karena prosesnya yang cepat. Umumnya hanya memakan waktu paling tidak 15 menit dari proses pengajuan hingga dana pinjaman cair.

Jadi, memang sangat tepat buat kamu yang benar-benar membutuhkan dana mendesak.

Selain prosesnya yang cepat, persyaratan dokumennya pun mudah dan gak ribet. Cukup melampirkan beberapa dokumen berikut.

Kartu Tanda Penduduk atau KTP
Kartu Keluarga atau KK
Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK
Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB
Kamu tidak perlu membawa rekening buku tabungan, kartu kredit, ataupun slip gaji seperti saat ingin mengajukan pinjaman di bank.

Sama seperti ketika ingin menggadaikan emas, kamu hanya perlu datang membawa persyaratannya dan uang langsung cair.

Oh, iya. Layanan gadai BPKB mobil atau gadai BPKB motor di Pegadaian ini tidak berlaku jika kendaraan yang mau digadai adalah milik orang lain ya.

Jadi, kamu wajib menunjukkan bukti bahwa data di KTP, STNK, dan BPKB sama alias kendaraan adalah milikmu sendiri.

Selain itu, Pegadaian hanya menerima STNK yang masih aktif. Jadi jika kamu belum melunasi pajak STNK secara tepat waktu, maka lebih baik selesaikan terlebih dahulu ya.

2. Plafon tinggi dan tenor bisa diperpanjang
Plafon pinjaman yang diberikan Pegadaian juga terbilang tinggi, yaitu mulai dari Rp50 ribu – Rp500 juta.

Selain itu, masa tenor pembayaran cicilan juga tidak ada maksimumnya. Jadi, kamu bisa memperbaharui atau memperpanjang masa cicilan secara berkala sampai kamu bisa melunasi cicilan. Enak banget, bukan?

 

sumber:lifepal.co.id

 



Be Smart, Read More