Hutan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil Terbakar, Luas Hutan yang Terbakar Capai Ratusan Hektar

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Terbakar - Petugas pemadam kebakaran gabungan dari Manggala Agni, Sinar Mas Forestry dan TNI memadamkan api yang menghanguskan sekitar 50 hektar hutan di kawasan inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Tasik Betung, Kabupaten Siak, Kamis (3/9/2015).
Bagikan :

BERITA RIAU-Portal Berita Riau: Siak, Hutan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil terbakar, luas hutan yang terbakar capai ratusan hektar. Kawasan hutan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil (GSK) di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dilanda kebakaran.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono mengatakan, upaya pemadaman masih terus dilakukan.

“Pemadaman sudah berlangsung hari ke sebelas,” sebut Suharyono kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Hingga saat ini, pihaknya memperkirakan luas hutan yang terbakar sudah mencapai 100 hektar.

Kondisi ini mengancam keberadaan habitat satwa di dalamnya, seperti harimau sumatera, gajah, dan beruang madu.

Baca Juga:   Massa Aksi Unjuk Rasa Ojek Online Mulai Padati Gedung DPR

Menurut Suharyono, ada tiga titik hamparan api kebakaran yang sangat luas dan sulit dipadamkan. Apalagi, kawasan yang terbakar itu adalah gambut dengan kedalaman sekitar dua meter.

Petugas berjibaku memadamkan api di kawasan hutan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu (3/3/2021). (Dok. BBKSDA Riau)

Namun, beberapa titik api lainnya sudah tertangani dan tinggal pendinginan.

“Pemadaman sulit dilakukan. Pertama, akses ke lokasi cukup jauh, sumber air terbatas, dan cuaca panas,” sebut Suharyono. Ia menyebutkan, pemadaman karhutla khusus di GSK dilakukan personel BBKSDA Riau dan jajaran serta Masyarakat Peduli Api (MPA) binaannya.

“Kita melihat dukungan dari TNI dan Polri, tapi mereka berada di luar kawasan kami karena juga ada karhutla. Tapi kita juga dibantu tim pemadaman dari PT Arara Abadi, baik di segi logistik maupun peralatan pemadaman,” kata Suharyono.

Baca Juga:   Titik Api Kembali Muncul Di Kab. Meranti

Menurut dia, kebakaran di kawasan hutan Suaka Margasatwa GSK diakibatkan oleh ulah manusia.

“Ini sudah pasti ulah manusia. Tidak mungkin api muncul kalau tidak ada manusianya,” kata Suharyono.

 

Sumber: Tribunpekanbaru.com



Be Smart, Read More