Kebakaran Lahan Berada di Perbukitan Antara Rohul-Kampar Karhutla Riau, Petugas Alami Kesulitan Saat Padamkan Api

ILUSTRASI Personil gabungan melakukan pendinginan di area seluas 5 hektare lahan gambut yang terbakar di Dusun Mulia, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rohil terbakar sejak beberapa hari terakhir.
Bagikan :

BERITA RIAU-Portal Berita Riau: Pekanbaru, Kebakaran lahan berada di perbukitan antara Rohul-Kampar Karhutla Riau, petugas alami kesulitan saat padamkan api. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau juga terjadi di Kecamatan Kabun, Rokan Hulu (Rohul), Rabu (21/7/2021).

Lokasi Karhutla di Riau yang terbakar berada diperbatasan antara Rohul dan Kampar.

Tim Satgas Darat mengalami kesulitan dalam melakukan pemadaman api di lokasi tersebut.

Medan yang dihadapi berada diperbukitan sehingga pergerakan petugas menjadi lebih sulit.

Termasuk untuk mobilitas peralatan menuju ke lokasi juga sedikit terkendala.

“Lokasinya agak sulit dijangkau karena berada diperbukitan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghofur, Rabu (21/7/2021).

Jika api yang membakar lahan di wilayah tersebut tidak juga padam, pihaknya akan menggeser tim satgas udara ke lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman melalui udara.

Baca Juga:   Beginilah Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018 Di Inhil

“Iya, besok pagi (hari ini-red) rencananya heli akan digeser membantu pemadaman kesana (Kabun). Karena kalau dari darat memang agak susah,” ujarnya.

Seperti diketahui, Karhutla juga melanda beberapa desa di Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (21/7/2021).

Hingga saat ini petugas masih berjibaku melakukan pemadaman api yang membakar lahan di wilayah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan,BPBD Riau, Jim Ghofur yang saat ini sedang berada di lokasi kebakaran mengungkapkan, kebakaran di wilayah tersebut sudah berlangsung selama tiga hari. Hingga saat ini api belum padam.

“Petugas masih melakukan pemadaman, ini sudah masuk hari ketiga,” kata Jim melaporkan langsung dari lokasi kejadian kepada Tribun Pekanbaru melalui sambungan telepon, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga:   Lecehkan Nabi Muhammad SAW, Seorang Youtuber Sebut Rasulullah SAW Dekat dengan Jin

Jim menjelaskan, upaya pemadaman terus dilakukan oleh petugas gabungan.

Tidak hanya melalui darat, namun Satgas udara juga dikerahkan untuk membantu proses pemadaman melalui pengeboman air atau water boombing.

“Heli ada dua unit yang sudah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan water boombing, tim darat dari kabupaten dan provinsi juga sudah turun ke lokasi,” ujarnya.

Jim mengungkapkan, kebakaran lahan yang terjadi di wilayah tersebut melanda sejumlah desa di Kecamatan Kubu, Rohil.

Namun pihaknya belum menginventarisir desa apa saja yang terkena dampak Karhutla ini. Termasuk luas lahan terbakar juga belum diinventarisis. Sebab saat ini petugas masih fokus melakukan pemadaman.

Baca Juga:   Yatim Berprestasi, Syahira Yang Hampir Putus Asa

“Agak luas, ada beberapa desa, salah satunya di Desa Sei Segajah, tapi luasnya belum kita ketahui, karena masih fokus melakukan pemadaman,” katanya.

Jim menjelaskan, lokasi lahan yang terbakar ini sebelumnya sudah pernah terbakar. Tepatnya pada tahun 2019 lalu. Di lokasi yang sama kali ini kembali terjadi kebakaran.

“Lokasi yang terbakar itu lokasi lama, tahun 2019 pernah terbakar, lumayan luas juga kebakaran di tahun 2019 itu,” ujarnya.

Lokasi lahan yang terbakar ini pada umumnya adalah lahan kosong, namun ada beberapa titik yang sudah mendekati perkebunan sawit.

“Tapi lokasinya lumayan jauh dari pemukiman,” kata Jim.

 

Sumber: Tribunpekanbaru.com



Be Smart, Read More