Muncul di Sepanjang Bibir Pantai, Fenomena Hamparan Lumut Penuhi Pantai Natuna

Fenomena hamparan lumut memenuhi Pantai Tanjung Selahang, Natuna. [Foto Yanto/Batamnews]
Bagikan :

BERITA RIAU-Portal Berita Riau: Muncul di sepanjang bibir pantai, fenomena hamparan lumut penuhi pantai Natuna. Fenomena tak biasa terjadi di sepanjang Pantai Teluk Selahang, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Tumbuhan lumut memenuhi sepanjang pantai. Hal ini membuat pemandangan bibir pantai terlihat hijau semua.

Peristiwa unik itu menarik warga sekitar. Mereka lalu mengabadikan fenomena langka berupa hamparan lumut tersebut menggunakan kamera ponsel.

Salah seorang warga Ranai, Hadisun mengungkapkan bahwa fenomena yang terjadi pada awal pekan ini merupakan kali pertama ia lihat di pantai yang dikenal dengan sebutan Pantai Tanjung itu.

Baca Juga:   Tim PDKB Merupakan Pasukan Elit PLN yang Bertaruh Nyawa Amankan Listrik

“Senin 30 Agustus 2021 sore, ketika sedang berada di pantai Tanjung, ada pemandangan yang tidak biasa yang saya lihat. Hampir sepanjang sisi pantai dipenuhi lumut tebal berwarna hijau,” terang Hadisun kepada Batamnews.co.id–jaringan Suara.com, Jumat (3/9/2021).

Hadisun lantas mengaitkan hijaunya Pantai Tanjung dengan perubahan cuaca yang ekstrem di Natuna.

Atas kejadian tersebut, hingga kini belum ada tanggapan resmi dari pihak terkait seperti dinas lingkungan hidup ataupun Pemkab Natuna sendiri.

Sementara itu, pemerhati lingkungan di Natuna, Cherman menyebut munculnya lumut di Pantai Tanjung akibat pencemaran dan menjadi pertanda makin berkurangnya ikan pemakan tanaman laut itu.

Baca Juga:   Heli Terbang Rendah Bubarkan Massa Aksi, Polda Sultra: Pilot Manuver Sendiri Tanpa Izin

“Itu adalah lumut, Sebenarnya akibat adanya pencemaran lingkungan dan makin berkurangnya habitat ikan pemakan lumut, dan ini sebenarnya banyak ditemui termasuk di Natuna,’’ ungkap Cherman dikutip RRI Natuna.

Ia mengatakan sudah melihat kemunculan lumut ini sejak April 2021 lalu. Bahkan, pada tahun 2020, fenomena ini juga terjadi.

 

Sumber: SuaraRiau.id 



Be Smart, Read More