Pecahkan Rekor Dunia, Seorang Wanita di Afrika Lahirkan Bayi Kembar 10 Sekaligus Secara Normal hingga Caesar

Gosiame Thamara Sithole yang melahirkan 10 anak, dari Kotapraja Tembisa di Ekurhuleni. (Gambar: Thobile Mathonsi/African News Agency (ANA))
Bagikan :

BERITA RIAU-Portal Berita Riau: Pecahkan rekor dunia, seorang ibu di Afrika lahirkan bayi kembar 10 sekaligus secara normal hingga caesar. Bayi kembar 10 dilaporkan lahir normal dilanjutkan caesar sekaligus dari rahim seorang wanita Afrika Selatan.

Bahkan 10 bayi tersebut dan kini dalam kondisi sehat.

Wanita bernama Gosiame Thamara Sithole ini melahirkan 10 bayi, yakni lima melalui kelahiran alami atau normal dan lima lainnya melalui operasi caesar.

Dikutip dari BBC, sang suami mengatakan hal tersebut tentu saja membuat kaget keluarga.

Lantaran awal saat USG kehamilan, dokter mengatakan bayi yang dikandung Sithole menunjukkan ada delapan di dalam rahim.

“Namun ini saat ini tujuh anak laki-laki dan tiga perempuan. Saya senang. Saya emosional. Saya tidak bisa bicara banyak,” kata sang suami, Teboho Tsoetsi.

Baca Juga:   Gubernur Riau Mengajak Seluruh Masyarakat Melaksanakan Salat Meminta Hujan Dalam Acara Riau Berzikir

Sementara itu dikutip dari IOL, Sithole, yang berasal dari Kotapraja Tembisa di Ekurhuleni, ini merasa kaget telah melahirkan anak sebanyak itu.

Sebelumnya Sithole bahkan telah memiliki anak kembar berusia enam tahun.

Gosiame Thamara Sithole yang melahirkan 10 anak, dan suaminya Tebogo Tsotetsi, dari Kotapraja Tembisa di Ekurhuleni. (Gambar: Thobile Mathonsi/African News Agency (ANA)) (Gambar: Thobile Mathonsi/African News Agency (ANA))

Selain itu dirinya mengatakan bahwa kehamilannya normal, dia tidak menjalani perawatan kesuburan atau program kehamilan.

Dalam sebuah wawancara Sithole mengatakan dia terkejut dan terpesona dengan kehamilan itu.

Awalnya kepada dokter, Sithole mengatakan menginginkan enam anak kembar (sextuplets), namun dirinya terkejut saat di USG ada 8 bayi di rahimnya, dan lebih terkejut lagi ternyata total ada 10 bayi.

Dua lainnya tidak dapat dideteksi pada awalnya, kata Sithole.

Baca Juga:   Bikin Bangga, Bocah Asal Kendal Pecahkan Rekor Dunia di Jerman

“Saya terkejut dengan kehamilan saya. Itu sulit di awal. Saya sakit. Itu sulit bagi saya. Ini masih sulit tetapi saya sudah terbiasa sekarang.”

“Saya tidak merasakan sakit lagi, tapi masih agak sulit. Saya hanya berdoa agar Tuhan membantu saya membebaskan semua anak saya dalam kondisi sehat, dan agar saya dan anak-anak saya keluar hidup-hidup. Saya akan senang tentang itu,” kata Sithole.

Sithole pun mengalami malam-malam tanpa tidur, mengkhawatirkan anak-anaknya yang belum lahir.

“Bagaimana mereka bisa muat di dalam rahim? Akankah mereka bertahan? Bagaimana jika mereka keluar siam di kepala, di perut atau tangan? Seperti, apa yang akan terjadi?”

“Saya bertanya pada diri sendiri semua pertanyaan ini sampai dokter meyakinkan saya bahwa rahim saya mulai membesar di dalam.”

Baca Juga:   Tiga Rumah di Guntung Indragiri Hilir Ludes Terbakar Dilalap Si Jago Merah

“Tuhan membuat keajaiban dan anak-anak saya tinggal di dalam rahim tanpa komplikasi,” kata Sithole.

Sithole mengatakan bahwa meskipun itu bukan perjalanan yang mudah, dia akan tetap kuat dan menantikan anak-anaknya.

Pecahkan Rekor

Guinness World Records mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus Sithole.

Sebelumnya seorang wanita yang memiliki delapan bayi di AS pada 2009 pernah memegang Guinness World Record untuk anak terbanyak yang dilahirkan pada satu kelahiran untuk bertahan hidup.

Namun posisi tersebut tergantikan setelah bulan lalu, Halima Cisse (25) dari Mali melahirkan sembilan bayi, yang dilaporkan dalam keadaan baik-baik saja di sebuah klinik di Maroko.

 

Sumber: Tribunpekanbaru.com



Be Smart, Read More