Pemkab Meranti Gagas Kawasan Sentral Kelapa, Ini Lokasinya…

Bagikan :

BERITA RIAU, MERANTI – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau punya konsep Perencanaan Kawasan Sentral Kelapa di Kecamatan Rangsang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kadis Disperindag Azza Fahroni kepada Riaulink.com, Rabu (05/02/2020) pagi.

Diakui dia, ini baru Konsep Perencanaan Kawasan Sentral Kelapa yang akan dipusatkan di Kecamatan Rangsang.

“Dengan adanya konsep ini, kita dari hulu sampai hilir mekanisme ini yang akan kami lakukan. Dan kelapa yang akan dijual merupakan kelapa bulat dan diolah menjadi Minyak Kelapa, Gula Kelapa, Sabut dan tempurung kelapa juga akan diolah, ” katanya.

Baca Juga:   Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Gelar Bursa Inovasi Desa

Dijelaskan Azza, dengan adanya Kawasan Sentral Kelapa tentunya hal tersebut sudah mengarah ke industri.

“Untuk lahan masih kita survei, dan lokasi tersebut butuh 5 hektare lahan dan itu harus ditepian laut,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Rangsang Tengku Arifin dijumpai di desa Segomeng mengatakan kalau pihaknya hingga saat ini masih mencari lokasi yang cocok dan sesuai keinginan dari pihak Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Lokasinya tentu yang strategis dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kita ada lahan di desa dewi Tunggal dengan rincian 2 Hektar lahan yang mau dihibahkan dan 3 hektar ganti rugi. Mudah-mudahan upaya ini bisa diselenggarakan dan masyarakat biasa terbantu jika ada Sentral Kelapa nantinya, ” katanya.

Baca Juga:   Anak Punk di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Diserahkan Satpol PP ke Dinas Sosial Karena Sudah Meresahkan Warga

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim menyebutkan kalau Sentral Kelapa tersebut merupakan suatu kebutuhan lantaran nilai jual kelapa hari ini kita rendah.

“Setidaknya dengan adanya Sentral Kelapa tentu harga kelapa naik dan ini masih kita masih melakukan pengajian dan konsep ini kita akan ajukan kepda Pemerintah Provinsi dan Pusat nantinya, ” katanya.

“Untuk lahan nya sedang kita cari, dan kita tetap akan memperjuangkan hal ini,” tambahnya.

Sumber : riaulink.com



Be Smart, Read More