Tolak Demo Buruh di Depan Kantor Indomaret Jakut, Warga Minta Dibubarkan

Demo Buruh di Kantor Indomaret Jakut (Foto: Fathan/detikcom)
Bagikan :

BERITA RIAU-Portal Berita Riau: Jakarta, Tolak Ddmo buruh di depan kantor Indomaret Jakut, warga minta dibubarkan. Massa buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) bersiap melakukan aksi di depan Kantor Cabang Jakarta, PT Indomarco Prismatama, Ancol, Jakarta Utara. Namun warga menolak demo buruh tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 11.00 WIB, Kamis (27/5/2021), massa tiba di depan gerbang kantor yang merupakan Distribution Center Indomaret ini. Massa juga turut membawa mobil komando.

Di lokasi, tampak personel TNI, Polri, hingga Satpol PP melakukan pengamanan. Selanjutnya, massa yang baru tiba tersebut diminta mengatur barisan agar tak mengganggu ketertiban lalu lintas.

Baca Juga:   Kodim 0314 Indragiri Hilir Dampingi Petani Padi di Tempuling Guna Cegah Serangan Hama

Tak lama berselang, sejumlah warga mendatangi massa aksi. Warga tersebut melakukan penolakan.

“Menolak. Kalau memang ada yang diperjuangkan ya silakan dengan aturan yang bener, jangan begini. Karena banyak warga saya yang kerja di sini,” ujar Ketua RW 01 Kelurahan Ancol, Asmawar saat ditemui awak media, Kamis (27/5/2021).

Asmawar dan sejumlah warga lainnya tampak berkomunikasi dengan perwakilan massa aksi. Terlihat Kapolsek Pademangan AKP Panji Ali Candra turut menyaksikan komunikasi kedua belah pihak.

“Surat sampeyan itu kan di Ancol Barat 1, kenapa (aksinya) di sini. “Ga ada yang jualan warga saya. Siapa yang mau ganti duitnya,” ucap Asmawar ke perwakilan massa aksi.

Baca Juga:   Jutaan Buruh Ancam Mogok Nasional Hari Ini Tolak Omnibus Law

“Intinya jangan ada kegiatan di sini. Jangan ujug-ujug datang ke daerah saya bawa orang luar. Ini COVID kok, bawa orang luar. Ga ada sowan-sowannya,” lanjut Asmawar.

Suasana di Lokasi Demo Buruh di Jakut (Foto: Fathan/detikcom)

Perwakilan massa aksi tersebut tampak meyakinkan warga. Namun, warga tetap menolak dan bersikeras agar massa aksi dibubarkan.

“Bubarkan ini, aksi ini dibubarkan. Kalau salurkan aspirasi, salurkan lah dengan cara yang baik,” tutur Asmawar.

Saat ini, massa terpantau belum menyampaikan orasi. Sementara, belasan massa aksi terlihat berdiri di dekat mobil komando. Massa tampak membawa poster dan spanduk yang berisi tuntutannya.

Baca Juga:   Gubernur Riau akan Ikut Rapat Perkembangan Cuaca di Istana Negara Guna Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

Diketahui, pekerja PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) di Jakarta Utara, Anwar Bessy saat ini harus menjalani persidangan di Pengadilan Negari Jakarta Pusat karena dilaporkan secara pidana oleh pihak perusahaan akibat rusaknya dinding gypsum saat buruh menuntut THR 2020 dibayarkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Massa dari sejumlah serikat buruh pun menggelar aksi pada hari ini dan meminta PT Indlmarco Prismatama mencabut tuntutannya dan kembali mempekerjakan Anwar Bessy.

 

Sumber: Detik.com



Be Smart, Read More