Menteri Susi: Saya Ingin Industri Perikanan Terus Bergerak

Menteri Susi: Saya Ingin Industri Perikanan Terus Bergerak
Menteri Susi: Saya Ingin Industri Perikanan Terus Bergerak
Bagikan :

BERITA RIAU, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan jika tugas pemerintah hanya sebagai pembuat aturan. Adapun mandat pengelolaan sektor industri perikanan berada di tangan para nelayan dan pelaku lokal.

Sebab itu,Susi mengaku terus mendorong para pelaku usaha di sektor perikanan dalam negeri agar memanfaatkan sumber daya maritim Indonesia yang luar biasa.

“Saya mau, para suplier, kontraktor, pelaku usaha lainnya yang berkaitan dengan KKP, itu bisa melakukan transaksi bisnis dan transaksi program. Sehingga industri bergerak, dan program-program serta aturan pemerintah bisa jadi stimulus dalam pergerakan perikanan dan kelautannya,” jelas Menteri Susi pada forum diskusi ‘Marine and Fisheries Business and Investment Forum’  di Jakarta, Senin (12/2/2018)

Baca Juga:   Migrant Care meminta KJRI Mengusut Tuntas Kematian TKW Adelina di Malaysia

Susi berharap para expander yang ada di KKP bisa memutarkan perekonomian di bidang kelautan dan perikanan.

“Kita trigger dari budget yang ada di KKP. Sehingga stakeholder tahu, ada berapa cold storage dibangun KKP. Ada berapa kapal yang dibuat dan diberikan kepada stakeholder,” tukas dia.

Sejauh ini, langkah KKP untuk memperbaiki distribusi dan logistik hasil perikanan adalah dengan melakukan perluasan pelaksanaan Sistem Logistik lkan Nasional (SLIN).

Selain itu, pihaknya mendorong BUMN di sektor perikanan untuk melaksanakan usaha industri perikanan nasional yang bersifat perintisan dan strategis.

Baca Juga:   Kondisi Kecamatan Tualang Berangsur Pulih Pasca Bentrok PP-IPK

Lebih lanjut, Susi menyampaikan kepada pengusaha ikan lokal, bahwa ada bisnis interaksi yang melibatkan stakeholder dari luar negeri dan pihak perbankan. “Di sini perbankan punya dana, untuk disalurkan kepada para pengusaha,” kata dia.

Terakhir, dia menegaskan bahwa kehadiran forum diskusi yang diadakan KKP adalah untuk menyelesaikan permasalahan bisnis, bukan hanya tempat berbagi obrolan saja.

“Indonesia terus mencoba memperbaiki ekonomi kelautan dan perikanannya melalui berbagai peraturan, dan itu sudah bergerak, namun masalah masih banyak, karena bisnisnya belum terkoneksi,” paparnya.

“Oleh karena itu, kehadiran acara ini bukan hanya sekedar forum diskusi, tapi do something, take action dari situ. Buat forum bisnis bisa menyelesaikan permasalahan bisnis,” pungkas dia.

Baca Juga:   Penghasilan PNS Muslim Dipotong Zakat, Ini Kata Sandiaga

 

Sumber : Liputan6.com



Be Smart, Read More