Pelanggan Lapor ke Ombudsman, Warga Sempat Datangi Kantor PLN

Pelanggan Lapor ke Ombudsman, Warga Sempat Datangi Kantor PLN
Pelanggan Lapor ke Ombudsman, Warga Sempat Datangi Kantor PLN : Tagihan Listrik Naik 100 Persen. Foto: Puluhan warga mendatangi Kantor PLN Kota Timur Jalan Sutomo Pekanbaru, memprotes melonjaknya tagihan listrik, Jumat (5/6). Dok.Istimewa
Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Masyarakat mengeluhkan adanya kenaikan tarif listrik yang dilakukan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Bahkan di Pekanbaru, warga mendatangi perusahaan BUMN tersebut untuk menanyakan perihal kenaikan itu.

Tidak hanya protes dengan curhat melalui media sosial dan mendatangi langsung kantor PLN di Pekanbaru, ternyata ada juga warga yang menyampaikan laporan langsung ke Ombudsman RI Perwakilan Riau.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau Ahmad Fitri mengatakan sudah menerima satu laporan dari masyarakat terkait keluhan kenaikan tarif listrik tersebut.

“Ada satu masuk laporan ke kami, akan segera kami tindaklanjuti laporan dari masyarakat tersebut,” ujar Ahmad Fitri kepada Tribunpekanbaru.com Jumat (5/6/2020).

Saat ditanya apa laporannya dan darimana laporan tersebut, Ahmad Fitri belum dapat memastikan karena dirinya belum melihat langsung materi dari laporan tersebut.

Baca Juga:   PLN Rubah Jadwal Pemadaman, Akibatnya 4 jam Listrik Mati di Bangkinang

“Belum saya cek, karena laporan baru masuk, di cek dulu. Kebetulan ini baru pertama ada kenaikan harga. Kita siap tampung laporan masyarakat, kita wajib menerima laporan dan menindaklanjutinya,” ujar Ahmad Fitri.

Terpenting saat ini, kata Ahmad Fitri, PLN harus memberikan klarifikasi kepada masyarakat, alasan kenaikan listrik tersebut, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang jelas.

“Masyarakat harus mendapat jawaban yang tepat, soal apakah masyarakat merasa dirugikan dengan pelayanan dari PLN tentunya akan dibahasa setelah adanya klarifikasi dan tindak-lanjut nantinya,” jelas Ahmad Fitri.

Puluhan warga mendatangi Kantor PLN Kota Timur Jalan Sutomo, Pekanbaru, Jumat (5/6/2020).

Kedatangan puluhan warga ini untuk mempertanyakan tagihan listrik yang melonjak drastis dari tagihan sebelumnya.

Pantauan TribunPekanbaru di kantor PLN puluhan warga yang terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak itu ingin menanyakan lonjakan jumlah tagihan rekening listrik mereka.

Baca Juga:   Sepanjang 2021, Sudah 1.235 Hektare Lahan di Riau Terbakar

Menurut Andi warga Mantangor, Tenayan Raya ia datang ke kantor PLN Kota Timur untuk menanyakan jumlah tagihan rekening merek yang naik 100 persen.

“Bulan lalu saya hanya bayar Rp 300 ribu, tapi saat saya cek bulan ini ternyata tagihan saya mencapai Rp 650 ribu,” ujarnya kepada Tribun, Jumat (5/6/2020).

Padahal kata Andi, pemakaian listriknya sama saja dan tidak ada penambahan.

“Kemudian rumah saya tidak pula paka AC,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Iwan warga Tangkerang Timur, Tenayan Raya.

“Tagihan saya bulan lalu hanya Rp 250 ribu, tapi bulan ini mencapai Rp 600 ribu. Makanya saya datang kemari,” ungkapnya.

Baca Juga:   Polisi Ciduk Dua Pemuda di Jalan Kelapapati Laut Bengkalis

Seorang ibu-ibu yang enggan menyebutkan namanya mengaku bulan lalu tagihan listriknya hanya Rp 54 ribu, tapi bulan ini mencapai Rp 850 ribu.

“Saya jadi heran kok melambung sekali lonjakannya dan setelah saya tanya malah saya disuruh membayarnya secara angsuran,” ujarnya.

Terkait hal itu General Manager PT PLN UIWRKR Daru Tri Tjahjono melalui MSB Komunikasi Tajuddin Nur menyampaikan tentang cara melapor tagihan yang melonjak PLN sudah menyediakan sarana resminya yaitu melalui situs www.pln.co.id ; Call Center PLN 123 / Via HP 0761 123 untuk Provinsi Riau dan melalui aplikasi _pln mobile_ atau Bisa juga melaporkan ke ULP terdekat dengan membawa foto stand meter kondisi terbaru.

 

Sumber : Tribunnnewspekanbaru.com

 



Be Smart, Read More