Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Sumbar Jadi Daerah Pertama Serahkan LKPD 2017 ke BPK

Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Sumbar Jadi Daerah Pertama Serahkan LKPD 2017 ke BPK
Raih WTP 6 Kali Berturut-turut, Sumbar Jadi Daerah Pertama Serahkan LKPD 2017 ke BPK
Bagikan :

BERITA RIAU, PADANG- Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi daerah pertama yang menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Laporan keuangan tersebut, diserahkan langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dan diterima oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo, Jumat (23/2/2018).

Usai menyerahkan LKPD tersebut, Irwan berharap agar Sumbar kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ketujuh kalinya secara berturut-turut sejak 2012.

“Sebetulnya sudah bisa diserahkan sejak Senin kemarin, tapi baru hari ini saya berkesempatan menyerahkannya. Kami berharap bisa kembali meraih opini WTP untuk ketujuh kalinya,” kata Irwan usai menyerahkan LKPD 2017 ke BPK Perwakilan Sumbar, Jumat (23/2/2018).

Baca Juga:   Sejarah Hari Peduli Sampah Nasional, Hingga Tragedi Longsor Sampah TPA Leuwigajah yang Telan Dua Kampung

Irwan berharap dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diserahkan pada April 2018 mendatang, pihak BPK hanya menjabarkan catatan yang lebih sedikit dibanding catatan-catatan tahun sebelumnya.

“Rasanya tak mungkin WTP tanpa ada catatan. Semoga catatan-catatan ini semakin berkurang. Walaupun faktanya ada saja isu-isu baru,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo mengapresiasi langkah Pemprov Sumbar untuk menjadi yang pertama dalam penyerahan LKPD tahun 2017.

Menurutnya, semakin awal penyerahan LKPD menunjukkan semakin tinggi pula progres perbaikan yang dilakukan daerah dalam melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan.

Baca Juga:   Di Perkirakan Ada Sejumlah Bangunan di Jembrana Bali Rusak Akibat Gempa Lombok

“Kalau provinsi berani serahkan cepat kan berarti sistemnya sudah bagus. Kalau sistem bagus, normalnya sih hasilnya juga bagus,” katanya.(*)

Tribunnews.com



Be Smart, Read More