Kemeriahan Riau Dirgantara Exspo 2018, Warga Tercengang Melihat Aksi Para PASKHAS

Kemeriahan Riau Dirgantara Exspo 2018, Warga Tercengang Melihat Aksi Para PASKHAS
Kemeriahan Riau Dirgantara Exspo 2018, Warga Tercengang Melihat Aksi Para PASKHAS
Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Ribuan masyarakat Kota Pekanbaru memadati Shelter Charlie, Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin (Lanud Rsn) Pekanbaru, Minggu (29/4/2018) pagi.

Mereka menghabiskan minggu pagi mengikuti rangkaian kegiatan Riau Dirgantara Expo 2018. Kegiatan rutin tahunan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU.

Kali ini dalam HUT yang ke 72, Lanud Rsn Pekanbaru membuka pintu lebar-lebar bagi masyarakat untuk mengikuti dan menyaksikan berbagai rangkaian kegiatan.

Diawali dengan lomba lari Air Force Jungle Run, Riau Dirgantara Expo 2018 ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti Static Show pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 dan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 serta persenjataan dari Yonko 462 Paskhas Pulangeni.

Menariknya kegiatan juga diramaikan dengan atraksi Flypass jet tempur F16 dan Hawk 100/200.

Baca Juga:   Bupati Indragiri Hilir Kunjungi Korban Kebakaran di Jalan Kayu Jati Serta Serahkan Sejumlah Bantuan

Gemuruh suara jet tempur ini menyeruak di kerumunan masyarakat yang memadati Shelter Charlie.

Sebagian besar masyarakat yang menonton juga berteriak di tengah berisiknya suara jet tempur yang melintas rendah tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, masyarakat pun kembali dibuat histeris dengan atraksi pasukan khas (Paskhas) dari Batalyon Komando (Yonko 462 Pulanggeni.

Personel khusus ini menampilkan atrakai simulasi penyelamatan pilot jet tempur yang jatuh di dalam areal musuh.

Tembak-menembak antara musuh dan Paskhas terjadi saat penyelamatan dilakukan.

Personel Paskhas memasuki kawasan musuh dengan cara rafeling dari helikopter pengangkut, Super Puma.

Helikopter terbang rendah menurunkan personel menggunakan tali, dan personel Paskhas pun langsung menggempur wilayah musuh yang digambarkan sebagai sebuah persembunyian.

Di akhir skenario tersebut, barak musuh kemudian diledakkan. Suara ledakan menggelegar diiringi teriakan masyarakat yang menyaksikan kegiatan itu.

Baca Juga:   Ini Tanggapan AHY, Terkait Pengrusakan Atribut Partai Demokrat di Pekanbaru Riau

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan TNI AU dengan masyarakat, serta memberikan informasi atau gambaran kepada masyarakat mengenai alutsista TNI AU yang ada di Lanud Rsn, yang juga merupakan milik rakyat,” ungkap Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono.

Selain itu, Danlanud juga mengatakan dari kegiatan ini para generasi muda Riau juga bisa langsung berinteraksi dan berkomunikasi dengan senior mereka yang berdinas di Lanud Rsn, sehingga mereka dapat mendapatkan wawasan untuk memaksimalkan potensi dirinya, karena generasi muda di Riau memiliki banyak potensi.

 

 

“Dari keseluruhan kegiatan kami berharap masyarakat dan generasi muda Riau akan semakin cinta dirgantara, dan kedepannya akan lebih banyak adik-adik di Riau yang akan bergabung di TNI AU untuk menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Baca Juga:   Anak Ratna Sarumpaet Akan Di Periksa Polisi

Selain menyaksikan atraksi kemampuan Paskhas dan atraksi flypass, masyarakat pengunjung juga disuguhkan dengan berbagai alutsista Lanud Rsn yang dipajang. Dua unit jet temput F16 dan Hawk 100/200 dapat dilihat langsung dari dekat, bahkan masyarakat pun bisa berfoto menggunakan kostum pilot jet tempur di venue tersebut.

Pagi harinya, masyarakat juga mengikuti lomba lukis dan foto dirgantara. Selain itu juga digelar lomba lari Jungle Run. Kegiatan ini juga turut dihadiri Danrem 031/WB, Kabinda Riau, Kadispora Riau, pejabat Forkopimda Riau, Plt. Walikota Pekanbaru, pejabat Lanud Rsn dan TNI-Polri di Riau, serta Ketua PIA AG cabang 12/D.I Lanud Rsn beserta pengurus

 

 

Sumber : Tribunnews.com



Be Smart, Read More