Tol Padang Pekanbaru, Kini Keinginan Warga Sumatra Tengah, Akan Terwujud

Tol Padang Pekanbaru, Salah Satu Keinginan Warga Sumatra Tengah Yang Terwujud
Tol Padang Pekanbaru, Salah Satu Keinginan Warga Sumatra Tengah Yang Terwujud
Bagikan :

BERITA RIAU, PEKANBARU – Groundbreaking jalan tol Padang – Pekanbaru sudah dilakukan, Ini adalah awal terwujudnya mimpi menghubungkan sumatera tengah untuk kemakmuran masyarakat dua Provinsi. Demikian dikatakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang ikut mendampingi Presiden pada Groundbreaking Tol Padang – Pekanbaru, Jumat (9/2) di Padang Pariaman.

“Jadi, ini mimpi yang betul-betul menjadi nyata bagi masyarakat Sumatra Tengah,” ujar Andi Rahman sapaan akrabnya Gubernur kepada Tribun usai mendampingi Presiden.

Menurut Gubernur ini sejarah yang mungkin tidak pernah terbayangkan oleh kedua Provinsi. Karena proyek yang dibangun ini merupakan proyek yang besar dan tentunya untuk kemajuan dua Provinsi bertetangga tersebut.

Baca Juga:   Gubernur Riau Dihadang Seorang Emak-emak Berdaster Batik Saat Sedang Bersihkan Parit di Sekitar Masjid Raya An Nur Pekanbaru

“Tentu kita berterima kasih kepada Pak Jokowi yang telah membuka akses jalan tol Padang – Pekanbaru. Mimpi kita ini terwujud, peristiwa yang luar biasa. Jarak tempuh Pekanbaru – Padang hanya 2,5 sampai 3 jam,” ujar Andi.

Dikatakan Andi Rahcman, mengatakan tol Pekanbaru – Padang ini hanya berjarak berkisar 220 KM. Pembangunannya dikerjakan oleh ahli dari Jepang, mereka telah menghitung dan telah mempersiapkan teknologi yang canggih.

Dengan dibukanya akses tol ini nantinya, kata Andi Rahcman, akan terkoneksi dua pelabuhan yang akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatra tengah. Daya saing akan semakin tumbuh, para investor akan menanamkan investasinya di kedua Provinsi.

Baca Juga:   Pemko Akan Relokasi Beberpa Tempat, Dan Bangunan Di Sekitar Jalan Soekarno Hatta

“Pelabuhan Teluk Bayur dan Dumai akan bersatu, dan ini pusat pertumbuhan akan banyak terjadi efisiensi daya saing. Barang-barang yang dibawa baik dari Sumbar dan sebaliknya dari Riau tidak perlu lagi memutar melalui jalan yang jauh. Diperkirakan jarak tempuh Teluk Bayur – Pelabuhan Dumai hanya 5 sampai 6 jam,” jelas Andi.

Menurut Andi Rachman banyak potensi-potensi besar yang ada di Riau, seperti migas, perkebunan, industri pulp and paper. Dan sebaliknya, dari Padang ada semennya, dan pariwisata. Dan keduanya saling menguntungkan.

“Ini sangat bagus untuk perkembangan kedua Provinsi, “jelasnya.

Baca Juga:   Tiga Siswa SMKN Pertanian Terpadu Paparkan Hasil Riset Alat Penjernih Udara

Tol Padang-Pekanbaru rencananya dibangun sepanjang 253 Km dengan Total Anggaran sebesar Rp78 Triliun. Pembangunan jalan Tol Padang -Pekanbaru akan diselesaikan dalam 5 tahap.

Dijelaskan Gubernur, tahap pertama Padang-Sicincin, tahap kedua Sicincin-Payakumbuh, tahap tiga Payakumbuh- Pangkalan, tahap empat Pangkalan-Bangkinang, dan tahap 5 Bangkinang-Pekanbaru.(*)

 

 

Sumber : Tribunnews



Be Smart, Read More