Gubri Syamsuar Ungkap Alasan,Riau Belum Tetapkan Status Siaga Banjir

Terlihat relawan sedang membantu korban banjir ( Dok. Istimewa )
Bagikan :

Berita Riau – PEKANBARU – Pemprov Riau belum menetapkan status siaga banjir, Gubri Syamsuar mengungkapkan alasannya.

Walaupun sejak beberapa hari ini sejumlah wilayah di Riau mulai diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Akibatnya sejumlah wilayah di Riau mulai terendam banjir.

Namun sejauh ini, ‎Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau belum menetapkan status siaga banjir dan longsor tahun 2021.

Sebab menurut Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, banjir yang saat ini melanda sejumlah wilayah di Riau belum mengkhawatirkan.

“Belum begitu mengkhawatirkan, mudah-mudahan bisa dikendalikan,” katanya, Minggu (31/10/2021).

Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantuan terhadap situasi terkini.

Baca Juga:   3 Sungai Besar di Kampar Riau Berstatus Waspada Banjir

Jika memang kondisi banjir di Riau semakin meluas, maka pihaknya akan segera menetapkan status siaga banjir agar penanganan bisa dilakukan lebih maksimal.

“Tapi untuk saat ini belum‎ kita tetapkan siaga banjir, kita lihat perkembangannya pada november dan desember ini,” ucapnya.

Sementara ‎‎Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edi Afrizal, menegaskan, untuk menetapkan status siaga banjir harus ada dua kabupaten kota yang menetapkan status siaga ditingkat kabupaten kota.

Jika sudah ada dua daerah yang sudah bertatus siaga darurat banjir, maka Pemprov Riau sudah bisa menetapkan status siaga banjir untuk tingkat provinsi.

Baca Juga:   Pengendara Nekat Nerobos Banjir Akibatnya Sejumlah Sepeda Motor Mati

“Untuk menetapkan status siaga banjir dan longsor provinsi, kita harus lihat kondisi di daerah. Kalau sudah ada 2 kabupaten/kota yang menetapkan status siaga, baru kita bisa menetapkan status siaga banjir dan longsor provinsi,” katanya.

Edi Afrizal mengatakan, memang saat ini curah hujan di Riau cukup tinggi, dan ada beberapa daerah yang banjir, seperti di Kota Pekanbaru.

“Hanya saja banjir tidak tinggi dan lama. Seperti kemarin di Pekanbaru, banjir sebentar dan itu tak berlangsung lama surut,” ujarnyam

Disamping itu, Edi Afrizal mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang bantaran sungai untuk waspda jika sewaktu-waktu air sungai naik.

Baca Juga:   Ini Dia Sosok Pri Yang Viral, yang Lahap Makan di Pecel Lele Saat Banjir

“Kita imbau masyarakat di bantaran sungi untuk tetap waspada banjir. Dan kita juga minta BPBD kabupaten/kota untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi banjir,” katanya

 

 

Sumber : TribunPekanbaru



Be Smart, Read More