Kendaraan Wajib Hadir Saat Uji Kelaikan

Bagikan :

BERITA RIAU, SIAK – Hampir sering kecelakaan yang terjadi di jalan raya melibatkan angkutan barang dan penumpang. Begitu pula kemacetan akibat kendraan yang tak layak jalan akan tetapi tetap beroperasi melintasi sepanjang jalan di Kabupaten Siak.

Hal tersebut tak lepas dari kelayakan kendaraan terdeteksi menjadi penyebab malapetaka tersebut. Dampaknya pun muncul bukan hanya pada kendaraan yang bermasalah akan tetapi juga berimbas kepada pengguna jalan lain nya.

Terkait hal itu pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR memang berperan penting, uji KIR menjadi filter pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut.

Baca Juga:   Portal Berita Teluk Kuantan

Kepala unit pengujian kendaraan bermotor Kabupaten Siak, Salman melalui staf penguji Mulyono menjelaskan , untuk di Kabupaten Siak Setiap pemilik kendaraan yang akan melakukan uji berkala KIR kendaraannya dikantor unit pengujian kendaraan bermotor Kabupaten Siak yang berada di Perawang, kendaraan tersebut wajib dihadirkan jelasnya.

“Kendaraan wajib hadir, disitulah kita bisa mengetahui kendaraan itu layak jalan atau tidak,” tambahnya.

Adapun pemeriksaan kendaraan itu meliputi sistim lampu, sistem rem dan kondisi fisik kendraan lainnya, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dijalan raya terangnya.

Baca Juga:   Musim Hujan dan Banjir di Riau, Berikut Supaya Jaga Tubuh Agar Tak Terlalu Lelah dan Konsumsi Suplemen

Untuk tarif retribusi pengujian kendaraan bermotor pemilik kendraan pengangkut barang dan penumpang biaya nya sebesar Rp56 ribu dan denda keterlambatan sebesar Rp15 ribu perbulannya. Tarif tersebut sesuai dengan Peraturan daerah Kabupaten Siak No 4 tahun 2018 tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor.

Sumber : haluanriau.co



Be Smart, Read More