Mahasiswa Kukerta Unri Adakan Pelatihan Pengolahan Ikan Terubuk di Bengkalis

Bagikan :

BERITA RIAU, BENGKALIS – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau Kelurahan Damon menyelenggarakan pelatihan bagi masyarakat setempat, dalam mengolah ikan terubuk yang banyak didapati di perairan Bengkalis.

Berkolaborasi dengan Usaha Ekonomi Keluarga (UEK) Laksamana Jaya memberikan pelatihan ‘Pengembangan UMKM Terubuk Presto Sebagai Produk Unggulan Masyarakat Kelurahan Damon’ pada November 2019.

Koordinator Desa (Kordes) Kukerta Kelurahan Damon, M Wahyu Waldi, menyebutkan bahwa keberadaan ikan Terubuk di Kabupaten Bengkalis bisa dibilang melimpah. Namun, masyarakat minimal mengkonsumsi lantaran ikan jenis ini memiliki banyak tulang.

Baca Juga:   Forum Kenagarian Kari Sampaikan Pandangan Soal Sosok Calon Bupati Kuansing

“Keberadaan ikan ini disini (Bengkalis, red) sangat banyak, namun ikan memiliki banyak tulang, jadi masyarakat kurang dalam mengkonsumsinya, ribet ” Kata wahyu, Selasa (21/1).

Dirinya pun menjelaskan, bahwa ikan Terubuk ini kaya akan protein, Fosfor, vitamin B12 untuk nutrisi tubuh. “juga terdapat asam lemak omega 3, yang berfungsi mampu membantu menurunkan tekanan darah,” Jelas nya.

Untuk itu, Tim Kukerta dibawah pimpinan nya mencari solusi agar masyarakat bisa mengkonsumsi ikan yang menjadi ikon Bengkalis itu.

“Kita beri pelatihan bagi warga, bagaimana mengolah ikan hingga bisa dikonsumsi. Kita berkolaborasi dengan UEK Laksamana, mereka yang memberikan pemaparan materi bagaimana mengolah nya,” Ulasanya.

Baca Juga:   Lima Helikopter Water Bombing Atasi Karhutla di Dumai

Sambung nya, dalam pemaparan masyarakat diajarkan untuk mengukus atau presto ikan, hal itu bertujuan agar tulang yang dikandung ikan tersebut menjadi lunak.

“Selain itu, disaat masyarakat sudah bisa mengolah nya, kita juga berikan materi pemasaran supaya ada nilai ekonomis nya,” Pungkasnya.

Sumber : haluanriau.co



Be Smart, Read More