Shalawatan Warga Siak Saat Gerhana Matahari Cincin

Bagikan :

BERITA RIAU, Siak – Ribuan masyarakat menyaksikan gerhana matahari cincin (GMC) di Desa Bunsur Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Riau. Saat puncak GMC terjadi, masyarakat bershalawat.

Puncak gerhana terjadi pada hari Kamis (26/12/2019) pada pukul 12.17 WIB. Saat itu posisi bulan menutup sinar matahari secara penuh. Tutupan bulan yang lebih kecil dari matahari membuat fenomena seperti cincin.

Ketika puncak gerhana terjadi, pihak panitia dari atas panggung mengajak warga bershalawat secara serentak dalam posisi puncak selama 3 menit. Tak hanya bershalawat saja, warga yang menyaksikan gerhana secara serentak melihat fenomena ini bertepuk tangan. Sebagian lagi ada yang teriak mengucapkan takbir.

Baca Juga:   Lokasi Pekanbaru Achievement Sports Tourism Dipenuhi Ratusan Warga Kota Pekanbaru

Warga dengan mengenakan kaca mata melihat gerhana secara serentak melihat ke atas. Mereka tampak takjub melihat posisi gerhana di puncaknya.

Suasana di lokasi seketika menjadi gelap. Ketika bulan mulai bergeser secara perlahan, tak lama seruan azan zuhur berkumandang di lokasi. Sebagian warga pun melaksanakan salat zuhur berjemaah di lokasi.

Sumber : www.detik.com



Be Smart, Read More